LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Daftar Isi

Pages

Selasa, 07 Juni 2011

5 Mitologi Mengenai Bulan

Bulan adalah keindahan, keanggunan, kecantikan dan kegilaan malam di bumi.  Dalam kesusastraan Indonesia bahkan bulan terdapat dalam sebuah pribahasa, “bagai pungguk merindukan bulan”. Di berbagai belahan dunia dan dalam ragam mitologi, bulan memiliki kisah unik tersendiri, walaupun memiliki penyimbolan dan pemaknaan yang sama dalam kehidupan manusia.  Berikut adalah mitologi bulan di berbagai bangsa di dunia:

1. Selena (Bangsa Yunani)
Ia adalah dewi bulan bagi bangsa Yunani.  Dikisahkan Selena/Luna adalah dewi yang melakukan sebuah perjalanan di malam hari, ia dipercaya menyebarkan hasrat dan keinginan kepada para pasangan kekasih yang ada di bumi. Tak heran banyak yang menyimbolkan dan memaknai bulan sebagai sebuah daya tarik cinta dan seksual.

Dewi Selene (Sumber:theoi)

2. Coyolxauhqui (Bangsa Aztec)
Dalam mitologi Aztec, Coyolxauhqui merupakan dewi bulan. Dia adalah seorang putri dari Coatlicue dan penguasa Huitznahuas Centzon, keduanya adalah dewa bintang. Dewi bulan ini dianggap sebagai penyihir hebat dan memimpin saudara-saudaranya untuk melawan ibu kandung mereka sendiri. Coatlique sang ibu telah hamil melalui cara yang memalukan. Namun sang ibu dibantu oleh si jabang bayi berhasil mengalahkan Coyolxauhqui dan saudaranya, bahkan Coyolxauhqui dipenggal dan kepalanya dilemparkan ke langit, dan menjadi bulan seperti sekarang.
Dewi Coyolxauhqui (Sumber:mexicolore)

3. Anningan (Bangsa Inuit)
Bangsa Inuit, yang hidup di belahan utara benua Amerika, tepatnya di Alaska dan Greenland, menyebutnya dengan Anningan. Memiliki perbedaan cukup mencolok dengan pengkisahan dewa-dewi bulan yang terdapat pada mitologi bangsa kuno lainnya. Dikisahkan Anningan (dewa bulan) memerkosa saudarinya sendiri, Malina (dewi matahari). Lebih buruk lagi, Anningan tetap mencoba mendapatkan cinta terlarangnya itu, itu sebabnya ia mengejarnya setiap hari di angkasa. Penampakan bulan di pagi hari ataupun siang hari, menjelaskan bagaimana Anningan sangat berharap kepada Malina.
Ilustrasi Bulan (Sumber.ezinemark:)

4. Soma (Hindu)
Dalam agama hindu, soma (dewa bulan) disimbolkan dengan embrio ataupun banteng. Ia adalah simbol kesuburan, dan banteng merupakan simbol lainnya yang sangat berhubungan dengan budaya hindu seperti sumber pengobatan. Hal lainnya dalam mitologi Hindu, soma merupakan sebuah minuman yang dikonsumsi oleh para dewa.
Dewi Soma (Sumber:indianpublicholidays)

5. Ixchel (Bangsa Maya)
Bangsa Maya memiliki beberapa nama dewi yang berhubungan dengan mitologi bulan, salah satu yang sering disebut dan terkenal adalah Ixchel. Sosok dewi bulan yang menyimbolkan kesuburan, dan adakalanya ia lebih disebut sebagai nenek dari bulan, yang menyimbolkan penuaan dan berkurangnya kesuburan kaum perempuan.

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More